September 22, 2017

Cerita Wisuda Sarjana

Sebelumnya memang udah pernah cerita tentang wisuda sarjana satu tahun lalu ini di instagram saya, please check :) tapi pas lagi iseng buka-buka folder di laptop liat foto-foto jadi pengen cerita lagi dengan lebih mendetail. Ceritanya tentang ibu punya bayi umur 3 bulan kepepet ikutan wisuda.  Dimana ternyata di acara wisuda ngga boleh ada bayi di ruang wisuda. So, mungkin bisa kali yaa nanti sekalian kasih tips juga buat ibu-ibu di luar sanaa yang have the same situation as me :)

Sebelum Ashraf lahir, saya ga pernah rencana untuk punya ASIP. Jadi direct breastfeeding aja. Karena berpikir akan repot nanti bolak balik pumping toh saya juga di rumah aja, SAHM. Saat lahiran Ashraf saya sudah lulus, sudah dapet ijazah pas usia hamil kira-kira 7 atau 8 bulan saya lupa, tapi saya belum wisuda. Dan niatnya emang ga ikut wisuda. Sama sekali ngga. Why? Soalnya, 1) wisuda itu ga wajib boleh ngga ikut, 2) Males, karena udah pernah wisuda D3, 3) Biaya wisuda yang hampir 1 juta, bisa dialokasikan ke kebutuhan lain yang lebih prioritas, jadi ngerasa mubadzir toganya cuma dipake sekali doang ini 4) I already have a baby, yang mana (lagi) saya direct breastfeeding.

Sampai suatu saat, di perbincangan antara anak (saya) dan orangtua (bapak) di meja makan. 
Saya : "Pak, aku gak usah ikut wisuda ya?"
Bapak : "Kenapaa?"
Saya : " Gak usah lah , Pak. Ashraf gimana nanti?"
Bapak : "Ya nanti sama Bapak"
Saya : (nyari alesan lain) "mahal Pak biayanya"
Bapak ; "Ya nanti Bapak yang bayarin" 
Saya  : (speechless. Yaudalah wisuda aja buat nyenengin Bapak)

Akhirnya, yasudahlah saya daftar wisuda dianter suami saya naik motor. Ashraf? Sama Budenya, yang alhamdulillah juga lagi menyusui putrinya umur 1 tahun, jadi Ashraf juga ikutan disusuin, walaupun rebutan deh akhirnya sama sepupunya. No prepare ASIP buat Ashraf waktu itu.

Waktu gladiresik sebenernya saya ga mau dateng. Tapii, toganya belum diambil dan besoknya kan udah  hari H wisuda. Trus dapet iming-iming juga dari panitia 'nanti bingung loh ga tau duduknya dimanaa'. Jadi yaudah akhirnya dengan rasa yang sangat berat,  saat itu Ashraf saya titip sama Eyangnya di rumah, berbekal ASIP satu botol. Rela nitipin Ashraf sama Eyangnya karena emang niatnya cuma ambil toga aja ke Serpong yang jaraknya luar biasa dari rumah, naik motor aja udah satu jam lamanya. Berangkat jam 2 siang kalo ga salah. Ikut gladiresik sebentar doang asal saya tau duduk dimana,  ga ikutan sampe selesai. Sampe rumah jam 6 sore. Buka pager rumah, Ashrafnya lagi digendong Eyangnya "Itu Bundaa..". Terharu. Lega udah sampe rumah dari perjalanan 23 km itu. Dari cerita Eyangnya, Ashraf bobo setelah Ayah Bunda nya berangkat, bangun pas sore itu, nangis tapi dikasih ASIP ga mau, kalo dibawa keluar rumah nangisnya berhenti (mungkin nungguin Bundanya kali ya :p). 

Pas gladiresik saya baru tau kalau bayi ga boleh dibawa masuk ke ruang wisuda. Bolehnya di lobi bawah yang banyak orang pada gerah-gerahan. Duuhh nambah pikiran deh, puter akal saat itu juga, ini gimana udah bayar buat wisuda, si Ashraf nanti gimana. Akhirnya yauda deh Ashraf bakal dititipin Budenya lagi. Sebenernya ga enak banget nitip ke Budenya, karena Budenya juga punya anak umur 1 tahun yang lagi menyusui juga. Tapi karena kepepet banget yauda deh. 

Persiapan malemnya, grabak grubuk banget. Ya saya waktu itu berusaha untuk sigap tanggap mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk nyiapin ASIP (lagi). Karena ASIP sebelumnya udah rusak kena suhu ruang. Dan dapet cuma setengah botol. Saya nyerah karena capek, ngantuk pengen istirahat. Besoknya harus bangun pagi banget karena disuruh kumpul jam 7 sebelum acara dimulai.

Hari H. Saya bangun sebelum subuh, jam 4 insyaAllah. Ashraf sama suami belum bangun. Saya wudhu  buat solat subuh dan mulai make up sendiri. Setelah itu saya solat subuh berjamaah, nyiapin Ashraf, dan jam 6 berangkat ke Bungur rumah Budenya Ashraf. Dari Bungur langsung lewat tol ke Serpong,  dalam perjalanan doaaa terus semoga Ashraf ga rewel anteng, dll minta pertolongan Allah banget pokoknya. Sampai di TKP sekitar jam 7an. Berlanjut seterusnya ngikutin acara sampe siang, saya lupa jam berapa, pokoknya saya, suami, dan Bapak sempet makan siang dulu. Tadinya pengen langsung pulang aja, tapi suami ngajakin makan. Padahal saya udah ga nyaman banget karena ternyata payudara saya keras-mesti menyusui atau dipompa, sedangkan saya ga bawa pompa saat itu. Dalam perjalanan bener-bener saya kepinginnya buruan gendong Ashraf aja terus buru-buru susuin dia. Pokoknya perjalanan pulang saya uring-uringan banget perasaannya.

Sampe di Bungur saya dan suami buru-buru lari ke rumah. Alhamdulillah Ashrafnya lagi bobo, cerita dari Budenya itu juga baru bobo rebutan sama sepupunya. Duh merasa bersalah sama Budenya Ashraf, Asiah sepupunya Ashraf, dan Ashraf sendiri. Ga lagi kejadian kaya gini. 

Ya begitulah ceritanya, ibu berbayi 3 bulan yang 'mau ga mau' ikutan wisuda. Dari tadi nulis berasa bener-bener mengulang lagi kejadian repotnya waktu wisuda tahun lalu. Dan alhamdulilllaaaah syukur banget udah selesai semuanya dengan aman, selamat, lancar, dan barokah. I got my bachelor degree and now focus being a mom :)


Foto-foto dulu sebelum masuk gedung.



Ini make up sama jilbab did by myself.





No comments:

Post a Comment