September 14, 2017

When It's No More 'Dek Ashraf'?

Sejak Ashraf lahir saya dan suami memanggil anak pertama kami dengan 'Adek' atau 'Ashraf'? Tiap keluarga tentu berbeda-beda. Ada yang dari awal lahir anaknya sudah dipanggil Kak, Mas, Mba, atau Abang (sebutan nama anak tertua). Tapi entah bagi kami panggilan Adek untuk Ashraf secara naturally terucap begiu aja dari kami, dan kemudian menjadi kebiasaan. Maksud kami, ada saatnya nanti Ashraf akan dipanggil Mas, yaitu saat Ashraf sudah punya adik.

Kenapa ga dari awal aja dipanggil Mas? Ada kepikiran sih, tapii panggilan Adek waktu Ashraf masih jadi bayi mungil kayanya adalah panggilan yang sesuai deh menurut saya. Lagi pula Ashraf emang jadi adek sih di antara sepupu-sepupunya. Dia sepupu terkecil saat ini. Saya juga jadi ga merasa harus terburu-buru punya anak kedua kalo dia udah dipanggil Mas dari awal hehe. Lalu kapan yaa Ashraf bakal dipanggil Mas Ashraf?

Sebenernya rezeki itu udah Allah yaa yang atur. Anak itu termasuk rezeki juga dari Allah. Kita mau berencana seperti apa, tapi tetep Allah yang punya kuasa. Pengennya siih punya anak kedua nanti kalau Ashraf udah umur minimal 3 tahun. Jadi dari segi psikologis saya sebagai Ibu dan Ashraf sebagai Kakak juga insyaAllah udah siap. Baca-baca artikel, idealnya jarak anak itu paling ngga 5 tahun. Jadi dari segi psikologis dan financial semuanya lebih terencana. Sebenernya saya sih setuju aja, tapi menurut suami itu terlalu lama. Dan lagi-lagi suami bilang rezeki itu udah ada yang atur. Allah sudah atur rezekinya tiap manusia yang lahir ke bumi. Jadi ga perlu khawatir. That's true! I'm agree. Dan saya pikir lagi, iya juga sih, kalo kasih jarak anak sekitar 5 tahun, saya udah umur 30 tahun dong, padahal saya berniat punya 3 sampai 4 anak. Insya Allaaaahh.. :p 

Jadi mungkin saya akan memandirikan Ashraf dulu sampai usia 2 tahun. Dari mulai menyapih, toilet training, dan makan sendiri. Karena katanya itu semua ga mudah untuk dikerjain, apalagi kalau udah punya bayi lagi kan? Saya juga insyaAllah lebih siap secara psikologis, secara financial saya bantu doa untuk suami deh supaya rezekinya tambah luas, mudah, barokah. Setelah itu baru insya Allah saya akan program hamil lagi. Insya Allaah, semua udah Allah yang atur pokoknya. Apa pun yang terjadi semua adalah skenario terbaik-Nya.
Ashraf 13 Bulan

No comments:

Post a Comment