January 7, 2017

Batuk 'Ngengklek' Ashraf

Katanya bayi ASI jarang sakit, tapi ini udah kali kedua Ashraf kena batuk. Kali pertama batuknya datang setelah pilek yang ga kunjung pulih plus keluarnya belek dari mata Ashraf, jadi saat itu saya dan suami putuskan ke dokter. 

Oke balik lagi ke cerita awal.

Kamis, 5 Jan, dini hari sekitar jam 4 pagi
Ashraf batuk batuk. Saya pikir dia tersedak liurnya sendiri, karena terkadang suka begitu. Tapi ternyata seharian muncul batuk beberapa kali. Wah, kena batuk nih, pikir saya. Dan saya pikir cukup dengan ASI saja nanti juga sembuh, dahaknya akan ikut ketelen waktu nyusu. Karena Ashraf juga ga demam. Dan batuknya masih belum terlihat parah.

Jumat, 6 Jan, dini hari sekitar jam 5 pagi
Ashraf batuk lagi. Ga berhenti walau saya tepuk-tepuk dada dan punggungnya. Akhirnya saya angkat berniat saya peluk biar dahak langsung ketelen ngikutin gravitasi bumi. Tapi ternyata Ashraf malah muntah banyak. Setelah muntah pun masih sempet batuk lagi sampai Ashraf jadi mulai menangis karena mungkin juga bingung ada apa dengan dirinya. Mungkin dahaknya nyangkut dan bikin gatel jadi ga berhenti-berhenti. Saya kasih minyak telon dan saya beri ASI sampai dia bobo lagi.

Akhirnya, saya dan suami putuskan hari itu mesti ke dokter. Alhamdulillah ayahnya Ashraf juga bisa izin ga ke kantor dulu hari itu. Dokter kasih obat puyer, diminum 3 kali sehari. Ashraf agak rewel saat dibawa ke dokter, dia ngantuk, keliatan dari matanya yang sayu. Perjalanan pulang Ashraf bobo sampai ditaruh di atas kasur pun masih pules, bener-bener ngantuk ya. Bangun-bangun saya lupa, pokoknya dia sempet batuk ga berhenti lagi sebelum minum obat. Sebenernya batuknya Ashraf ga sering, tapi sekalinya batuk langsung 'ngengklek' bahasa jawanya. Ga bisa berhenti sampai dia kaya capek keringetan terus jadi nangis. Kasian banget deh ngeliatnya :''( Gini ya rasanya kalau anak kita lagi sakit, sedih banget rasanya. Pengennya penyakitnya dipindah ke kita aja. Pokoknya tiap Ashraf batuk saya peluk, saya tepuk-tepuk dada dan punggungnya sambil bilang " sabar yaa Ashraf, kalau batuk begini rasanya. Semoga cepet sembuh yaa, Ashraf kan pinter, sholih". Terus dia ketawa sambil ngeliat saya, duhh Ashraf :''

Sabtu, 7 Jan, dini hari jam 3
Ashraf batuk ga bisa berhenti. Saya sama suami bangun dan langsung minumin Ashraf obat lagi, walau waktu minum obat masih 1 jam lagi, tapi kami majuin aja. Awalnya saya pikir obatnya berasa manis, kaya waktu obat awal Ashraf kena pilek, tapi ternyata pahit. Dan Ashraf akan ngernyitin dahi dan mulutnya waktu disuapin ouyer. Ga tega sih, tapi gimana. Terus saya kasih minyak telon dada dan punggungnya, dan diberi ASI sampai dia bobo. Bangun setelahnya ga batuk, tapi nangis, terus dibawa keluar rumah supaya nghirup udara pagi.

Hari ini masih sama, beberapa kali batuk 'ngengklek' sampai dia kaya kesulitan nafas, keringetan, dan terus nangis kaya kecapekan. Kasian banget deh ngeliatnya. Tapi alhamdulillah, kalau sudah bobo malam, pulas sampai pagi baru batuk, ga pernah lagi nyusu tiba-tiba batuk. Seharian juga dapet bobo lumayan banyak, mungkin dia capek ya. Minum obatnya juga pinter, walau direspon dengan muka yang ga terima tapi alhamdulillah tetep ketelen. Siangnya ada insiden obat ga masuk sih, plus muntah ;(

Entah batuknya datang darimana, padahal dari hari Senin sampai Rabu di rumah aja ga kemana-mana. Dan Ashraf juga sehat aja ga panas ga batuk dari Hari Senin sampai Rabu. Cuaca mungkin ya, yang lagi ga jelas siklusnya. Atau bisa aja dari mulutnya yang suka banget masukin apa pun itu. Sekarang jadi lebih ekstra protektif deh tiap Ashraf masukin apa pun ke dalem mulutnya, termasuk jari-jarinya.

No comments:

Post a Comment