April 5, 2019

Toilet Training Ashraf

Alhamdulillahirobbil'alamiin setelah kurang lebih 2 minggu proses toilet training, now I can say that Ashraf Lulus Toilet Training! Yeay!

Setelah drama yang lumayan panjang akhirnya dia berhasil lepas pampers (sbnrnya dia pake merk fitti, tp udh kebiasa aja ngmg pospak itu pampers. Siapa yg samaan? Tos! )

Awal cerita, dari umur 2,5 tahun Ashraf sering dibriefing untuk mulai belajar lepas pampers karena udah besar, tapi selalu berakhir dengan jawaban maunya pakai pampers. Selalu gitu jawabannya, kadang diselingi ngerengek, nah ini buat saya jadi ragu untuk mulai TT. Sampai saya akhirnya tanya teman-teman, kakak-kakak, baca-baca artikel, tanya psikolog, kemudian mendapat tanggapan yang variatif. Ada yang bilang santai aja tunggu anak siap jangan dipaksa. Ada juga yang bilang ya umur-umur TT itu 18bulan sampai 3 tahun jadi insyaAllah sudah tergolong siap.

Sampai akhirnya saya ikut kulwhap tentang psikoseksual & berakhir curhat dengan pematerinya yang adalah seorang psikolog bernama Mba Irsa Frillya. Saya cerita tentang Ashraf saat di briefing untuk TT yang menolak keras sampai nangis jejeritan. Apakah reaksinya yang seperti itu menandakan dia belum siap untuk TT? Jawaban Mba Irsa, Ashraf sudah siap di umurnya sekarang, reaksi Ashraf yang selalu menolak itu adalah tantrum, jadi pelan-pelan diajarkan untuk TT insyaAllah bisa. Saya jadi semangat untuk memulai TT. 

Akhirnya dimulailah proses TT Ashraf. Bagaimana hari pertama dia TT? Drama sih pastinya. Tantrum dengan nangis jejeritan maunya pakai pampers. Tapi saya berusaha untuk tenang & ga nyerah untuk tetap memulai TT hari itu. Saya selalu mengingatkan diri saya "its gonna be though for me & him, so be strong, you start you must finish it". 

Hari pertama masih bocor sana sini. Padahal setiap 30 menit udah diajak pipis ke kamar mandi. Tapi selalu berujung tiba tiba udah ngompol. Gregetan? Gausa ditanya hehe tapi katanya emang kalo TT itu emaknya kudu ekstra sabar jadi ga boleh deh tu kita marah perihal begitu. Kadang-kadang kalau saya ga sengaja kelepasan marah karena capek bilangin & bersihin ompol, Ashraf langsung bilang "Kok Bunda marah?" hmm jadinya diturunin lagi deh nada ngomongnya, langsung minta maaf ke anaknya, & ganti kata-kata yang lebih baik. Memang awal-awal TT ga boleh bosen untuk tanya "mau pipis ga?", dan berulang ngingetin "kalau mau pipis bilang ya, nanti pipisnya di kamar mandi". 

Timing lepas pampers yang saya terapin di hari pertama itu lepas pampers dari pagi sampai dia tidur siang & malam menjelang tidur dipakaikan lagi. Lama kelamaan saat dia sudah bisa bilang mau pipis, tidur siang saya tidak pakaikan pampers lagi . Karena setelah saya cek ternyata setiap bangun tidur siang pampers masih kering. Begitu pula saat tidur malam, awal masih saya pakaikan pampers, setelah dia sudah mulai mahir TT & dicek paginya ternyata pampers masih kering, saya mulai lepas pampersnya. Setiap bangun tidur siang & malam selalu saya tanya mau pipis atau ngga. Alhamdulillah sekarang sudah pintar pipis di wc, no more bocor. 

Untuk masalah pup memang lebih lama prosesnya untuk Ashraf. Awal-awal TT dia masih ingin pup pakai pampers. Pernah waktu itu diajak pup di wc tapi pupnya ga keluar. Kaya hilang fokus gitu ya.. terus akhirnya saya coba tempel stiker gambar mobil di kamar mandi biar dia mau pup di kamar mandi. Niatnya supaya Ashraf betah di kamar mandi. Selain itu saya beri buku lokal tentang TT judulnya "Aku Mau Pup Sendiri". Di buku itu ada anak laki-laki bernama Boni yang belajar pup di wc bersama ibunya. Alhamdulillah setelah baca buku itu, dirayu-rayu juga sambil dibilangin "Ashraf pupnya di wc yaa kaya Boni tu, Ayah, Bunda, Eyang, Nini, Onti, Om, semuanya pup di wc, kalau pup di pampers nanti pantatnya jadi kotor, kalau di wc pupnya bisa langsung masuk lubang", sekarang sudah mau pup di wc, setiap pingin pup bilang "Bunda mau pup di wc kaya Boni" hehehe.

Kalau menurut saya, proses TT ini mirip dengan proses menyapih yaa.. Sama-sama ada dramanya hehe, ya kan buibuuk? Memang kitanya kudu ekstra sabar sambil doa sama Allah untuk dimudahkan prosesnya. Semangat buat ibu ibu lain yang sedang menjalani proses TT anaknya :) 


No comments:

Post a Comment