October 17, 2018

Prenatal Yoga di Rumah

Di kehamilan kedua ini saya lebih banyak mempelajari tentang prenatal yoga dan hypnobirthing sebagai persiapan menghadapi proses persalinan nanti. Waktu dulu hamil anak pertama saya blas ga pernah tahu tentang prenatal yoga dan hypnobirthing, lebih kepada pregnancy workout dan jalan kaki saja. Kenapa beralih ke prenatal yoga? Mungkin karena sudah mengalami melahirkan anak pertama yang meninggalkan sedikit trauma karena ingat rasa sakitnya, merasa kurang baik dari teknik pernafasan, mengejan, dan lain lain. Pasca melahirkan badan berasa habis digebukin, capek semua, otot tegang, kaki, tangan, leher, bahkan paru paru, sampai bernafas saja rasanya sakit. Saya pikir saya kurang persiapan saat itu.

Menurut Ibu Lanny Kuswandi juga yoga itu berbeda dengan senam hamil. Kalau senam hamil lebih kepada persiapan fisik ibu hamil menghadapi persalinan, sedangkan yoga ada teknik-teknik pernafasan, relaksasi, dan latihan otot yang mana termasuk ke dalam hypnobrthing itu sendiri. Sehingga tujuannya proses melahirkan itu bisa mudah, minim trauma, dan menyenangkan. Itu sih yang bisa saya simpulkan.

Jadilah mulai baca baca lagi tentang  info-info persiapan proses persalinan untuk anak kedua ini. Pikir saya harus lebih menyiapkan diri di proses persalinan kedua ini. Nah, alhamdulillah Allah paring saya diberi ilham tentang prenatal yoga. Saya lupa, mungkin setelah follow akun instagram @jamilatus.sadiyah dan ibu @lannykuswandi, saya jadi lebih tahu tentang prenatal yoga dan hypnobirthing. Mereka ada kelas prenatal yoga di @provclinic di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan. Tadinya saya mau ikutan kelas prenatal yoga disana, tapi karena situasi dan kondisi yang sepertinya tidak memungkinkan, saya memutuskan melakukan prenatal yoga di rumah saja. bermodalkan alas board mat dan youtube. Selain bisa menyesuaikan waktu luang saya, juga lebih minim biaya ya hehehe tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya untuk yoga di rumah mau pun di kelas yoga.

So, saya punya video prenatal yoga andalan nih di Youtube. Ini juga hasil baca artikelnya Andra Alodita. Videonya berjumlah lima episode dari Katy Appleton. Biasanya saya sekali yoga mengikuti dua sampai lima episodenya.


Ini salah satu episode prenatal yoganya. Ini episode pertama, untuk episode lainnya bisa di search sendiri yah ;)

Selain itu, menginjak trisemester ketiga saya ketemu prenatal yoga yang juga enak untuk diikuti. Durasi videonya setengah jam oleh  Lara Dutta.




Oke itulah sharing saya tentang video prenatal yoga di youtube yang saya ikuti. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment