May 29, 2018

Kontrol Hamil Pertama di RSUD Kebayoran Baru

Setelah mendapati dua strip di tespack,  saya dan suami mulai mencari pilihan dimana kami akan kontrol rutin kehamilan kedua ini. Awalnya,  pilihan ada pada  Klinik Puri Mutiara karena dekat dengan rumah tinggal jalan kaki sampai.  Namun,  setelah saya telefon ke klinik tersebut untuk mencari informasi, ternyata disana sedang tidak standby dokter spesialis kandungan,  kontrol ditangani oleh dokter umum dan melahirkan ditangani oleh bidan dan menerima bpjs hanya dengan rujukan.  Saya tidak yakin dan akhirnya pilihan beralih kembali ke Puskesmas Cilandak atau RSUD Kebayoran Baru.

Saya dan suami memutuskan kontrol pertama di RSUD Kebayoran Baru.  Letaknya tidak jauh dari rumah namun tetap harus dengan kendaraan. RSUD ini terletak di Jl. H. Abd Majid II No.23, RT.2/RW.5, Cipete Utara, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410. Untuk lebih lengkapnya silahkan search di Google :)

RSUD ini termasuk baru dibangun,  sekitar pertengahan tahun 2017 kalau saya lihat dari artikel di google. Saya sempat ragu awalnya,  apakah sudah memadai fasilitas dan SDM nya.  Tetapi, setelah saya datang kesana,  pelayanannya sudah termasuk baik dan bagus. Sudah ada karyawan dan dokter yang berjaga disana. Sudah terlihat sibuk lah di dalamnya. Dokter, perawat, dan karyawan yang bekerja disana menurut saya ramah dan welcome. Walaupun di bagian administrasinya masih kurang begitu rapi ya.  

Bangunannya masih bersih dan rapi. Terdiri dari 7 lantai dan tiap lantai dibagi oleh beberapa poli pelayanan kesehatan.  Bagian administrasi seperti pendaftaran, pembayaran, serta penerimaan obat ada di lt.2. Di lantai 2 ini juga terdapat poli gigi, penyakit dalam, umum, dan fisioterapi. Di lantai 3 ada poli kandungan dan poli anak. Di lantai 4 merupakan tempat untuk bersalin dan juga rawat inap. Untuk lantai 5 dan seterusnya, saya kurang paham karena waktu itu hanya berkunjung sampai lantai 4 didampingi oleh satpam perempuan yang ramah disana.

RSUD ini sama dengan RSUD pada umumnya, menyediakan 2 tipe layanan kesehatan juga,  ada umum dan BPJS.  Biasanya kalau mau menggunakan bpjs harus ada rujukan dari puskesmas,  jadi kalau tidak ada rujukan ya dapetnya yang umum. Tapi menurut saya untuk  biaya  pun disini termasuk terjangkau karena mungkin sudah disubsidi oleh pemerintah juga.  Untuk biaya administrasi sebesar 30.000 rupiah dan mendapat kartu kontrol berwarna hijau yang menurut saya perlu dilaminating secara pribadi agar tidak rusak bila terkena basah, karena bahan kartunya dari kertas karton biasa. Mungkin saran untuk RSUD agar kartunya diperbagus kualitasnya :)

 Setelah melakukan pendaftaran di lantai 2, saya  ke lantai 3 untuk pemeriksaan dengan spesialis kandungan (obgyn).  Saya diperiksa oleh dokter perempuan bernama Dr. Wiasni Apriliani .  Di RSUD ini ada 2 spesialis obygn,  1 perempuan untuk jam 8-13, dan 1 lagi laki-laki untuk jam 13-18. Saat itu saya periksa di waktu weekdays, hari Selasa kalau tidak salah, dan alhamdulillahnya tidak begitu panjang antriannya. Saya langsung masuk ke ruang dokter spesialis. Kontrol kehamilan di RSUD ini seperti di Puskesmas, mendapatkan buku kontrol kehamilan berwarna pink. Saya senang karena memang buku kontrol ini menurut saya isinya bagus dan lengkap.

Alhamdulillah setelah di usg saya positif hamil 6 minggu saat itu. Biaya usg di print plus konsultasi dengan dokternya sebesar 100.000 rupiah.  Dengan obat asam folat hanya dikenakan 3.000 rupiah.
Alhamdulillah saya merasa senang dan puas sudah periksa kehamilan kedua saya ini di RSUD Kebayoran Baru. 

Setelah selesai mengurus biaya administrasi,  saya minta ke bagian sekuriti untuk kunjungan sedikit ke ruang rawat inap dan bersalin.  Ternyata khusus lantai 4 disediakan untuk bersalin dan rawat inapnya.1 ruang rawat inap terdiri dari 4 ranjang tidur,  yang menurut saya pas tidak terlalu ramai seperti di puskesmas yang 1 kamarnya sekitar 10 orang.  1 ruang terdapat 1 kamar mandi.  Ruang bersalinnya juga saya lihat termasuk lengkap peralatannya.

Untuk kontrol selanjutnya mungkin saya akan kontrol di Puskesmas Kecamatan Cilandak sampai usia kehamilan saya memasuki trisemester 3. Setelah usia kehamilan saya mencapai usia 7 bulan InsyaAllah saya akan kontrol lebih intensif  dan bisa melahirkan di RSUD Kebayoran Baru. Semoga Allah paring aman, selamat, lancar, barokah. Amiiin..

Sekian ulasan saya tentang pengalaman kontrol kehamilan pertama saya di RSUD Kebayoran Baru. Semoga bermanfaat bagi ibu-ibu yang lain. :)

19 comments:

  1. Kira2 klo buat lahirin caesar bisa gak ya bu dstu.rsud kebayoran baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau melahirkan caesar RSUD Kebayoran Baru belum bisa, hanya bisa melahirkan normal & normal induksi saja, kalau caesar paling nanti dirujuk lagi, tapi sekarang dr. Wiasni sudah cuti melahirkan

      Delete
  2. Kira2 klo buat lahirin caesar bisa gak ya bu dstu.rsud kebayoran baru

    ReplyDelete
  3. Ada instalasi gawat daruratnya juga berarti, ya..

    ReplyDelete
  4. Kalau sekarang Usg biayanya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab Sekarang 200rb blum admin dan obatny

      Delete
    2. 1 bulan yg lalu saya usg di situ biayanya 200rb jasa dokter 60rb jdi hbis total 260rb..tp hasilnya detail memuaskan gk usg asal2an

      Delete
  5. minggu ada dok specialis kandungannya ngak ya? so kalo darurat

    ReplyDelete
  6. Selamat siang
    Untuk USG di hari minggu bisa tidak ya?
    Biayanya berapa untuk masing2 jenis USG
    Dan biaya sekalian di print berapa?
    Mohon infonya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Bantu jawab, klo untuk jadwal cek online saja. Biaya USG + print 200rb. Konsultasi dokter 60rb, (hanya) bagi pasien pertama pendaftaran 20rb/30rb

    ReplyDelete
  8. Biaya caesar di sana sampe brp ya..??

    ReplyDelete
  9. Ad yg tau ga Bun jadwal usg nya hari ap dan jam brp?

    ReplyDelete
  10. Biaya lahiran normal di puskesmas Kebayoran Baru pake bpjs berapa ya kira"

    ReplyDelete
  11. Untuk USG menggunakan PBjS alur ny gimana? Dan adanya di hari apah.
    Biar orang hamil ga di meja ribet mundur mandir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bun, kalau mau menggunakan BPJS, alurnya kontrol dulu di puskesmas, nnti dilihat ada keluhan yg berarti atau tidak. Bila dilihat normal (misal bayi tidak sungsang, ketuban cukup, dll) maka tdk bs dirujuk bun. Untuk lbh lengkapnya bs lgsg tanyakan ke tenaga kesehatan disana ya Bun 😊🙏🏼

      Delete
  12. klo misal nya biaya lahiran normal kira" brapa ya

    ReplyDelete
  13. Untuk biaya USG skrg berapa ya ? Dan kalau ingin daftar online untuk usg cara nya bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  14. Halo usg untuk sekarang biaya berapa ya?

    ReplyDelete